Epi Info

17 Jul

Semester II Prodi S1 Transfer Kesehatan Masyarakat (peminatan MIK) UMS mendapat mata kuliah Aplikasi Komputer. Mata kuliah ini mengajari kami tentang penggunaan program SPSS dan Epi Info.

Menurut Wikipedia, Epi Info adalah program komputer domain publik untuk analisa statistika yang dikembangkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Perangkat lunak ini dirancang untuk keperluan bidang epidemiologi.

Software Epi Info dibagi dalam lima modul utama, yakni modul Make View, modul Enter Data, modul Analyze Data, modul Epi Map, dan modul Epi Report. Tulisan ini hanya memuat secara garis besar tiga modul Epi Info yang dapat digunakan dalam pengelolaan database, yakni modul Make View, modul Enter Data dan modul Analyze Data. Pembahasan setiap modul mengikuti alur proses yang diperlukan ketika melakukan rekapitulasi data dari formulir hasil penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) keluarga. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat memperolah gambaran secara lebih jelas mengenai aplikasi yang dapat dibangun menggunakan Epi Info. Tulisan dimulai dengan membahas kemampuan Epi Info untuk mempermudah, sekaligus menghindari kesalahan yang mungkin terjadi dalam kegiatan entry data. Pembahasan kemudian dilanjutkan dengan mekanisme entry dan navigasi data di Epi Info. Pada bagian akhir dibahas beberapa perintah analisa data yang tersedia dalam Epi Info.

Software epi info dapat didownload disini.

Bagi teman-teman yang ingin melakukan survei kesehatan, bisa mempelajari program ini untuk membuat form kuesionernya, entry datanya, sampe ke analisis data n penampilan datanya.

Selamat mencoba…. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: